Sabtu, 29 November 2014

Manasik Haji SD Plus YPI Darussalam


Memang kita masih belum bisa menunaikan rukun Islam kelima yaitu berhaji bila mampu, namun bukan berarti semangat berhaji pudar begitu saja dari hati kita semua. Berawal dari manasik haji, InshaAllah beberapa tahun lagi kita semua benar-benar dipanggil Allah bersama jutaan muslim lain untuk melihat ka'bahNya. Bukankah tidak ada yang tidak mungkin bagi Allah.


Sebenarnya ada banyak hal yang saya sukai dari anak-anak, salah satunya adalah rasa antusias mereka, terutama rasa antusias terhadap pembelajaran di luar kelas. Dalam rangka menyambut hari raya Idul Adha atau disebut juga hari raya haji, para guru di SD Plus YPI Darussalam mengadakan manasik haji untuk para siswa. Ini merupakan kegiatan tahunan yang bertujuan untuk memperkenalkan berbagai prosesi yang dilakukan oleh seorang muslim ketika mereka berangkat menunaikan ibadah haji.

Sebelum manasik haji, anak-anak sudah sudah dibekali dengan berbagai doa untuk prosesi haji ini. Seperti jamaah haji pada umumnya mereka juga dibagi atas beberapa kloter, setiap kloter diberi nama propinsi di Indonesia.Untuk mempermudah menemukan kloternya masing-masing, setiap kloter diberi bendera dan pita dengan warna yang sama. Setiap anak juga mendapatkan sebuah kalung buku yang berisi doa-doa prosesi haji. Pada pelaksanaannya, mereka hampir tidak melihat buku kecil tersebut karena seringnya mengulang doa-doa tersebut, tentu saja mereka sudah hafal di luar kepala.

Dengan berpakaian ihram, semua anak mendengarkan instruksi dengan baik. Anak-anak dengan kelas yang lebih tinggi mengarahkan adik-adik kelasnya agar tertib mengikuti prosesi haji. Walaupun ada beberapa dari mereka yang mengeluh karena panas, Alhamdulillah, mereka bisa menjalani manasik ini dengan baik. Semoga jadi haji mabrur ya semua.

Alfanita Zuraida
Very late post

Tidak ada komentar:

Posting Komentar