Jumat, 10 Januari 2014

Games Rangking Satu

Picture taken from: berita.upi.edu

Games merupakan salah satu kegiatan pembelajaran paling menarik untuk semua orang, baik anak-anak, remaja, atau orang dewasa sekalipun. Tak ada orang yang tak tertarik dengan games

Sebagai guru, tentunya kita dituntut untuk menguasai beberapa games untuk menunjang proses pembelajaran. Games tersebut harus disesuaikan dengan level serta kondisi masing-masing siswa. 

Salah satu games yang sering saya gunakan dalam kegiatan pembelajaran di dalam kelas adalah games rangking satu. Games ini merupakan games adaptasi dari salah satu program Trans TV dengan judul yang sama. Games ini adalah games kelompok yang cocok digunakan untuk segala usia baik sekolah dasar, menengah, bahkan orang dewasa. 

Di televisi, setiap peserta diberi whiteboard kecil, marker, dan penghapus. Dalam penggunaan alat, guru dapat menyederhnakannya. Saya lebih suka menggunakan kertas HVS, pensil, dan karet penghapus sebagai gantinya. Menurut saya itu lebih murah, sederhana, dan mudah didapat. Kita tinggal meyediakan kertas HVS dan anak-anak membawa pensil dan penghapus.

Dalam games rangking satu sebenarnya, bila ada peserta yang salah menjawab, maka peserta harus keluar dari permainan. Karena ini adalah games pembelajaran, bila anak yang salah menjawab kemudian keluar, maka si anak tidak dapat mengetahui pertanyaan selanjutnya. Karena itu, saya memodifikasi games ini. Ada dua cara yang saya gunakan dalam memodifikasi peraturan games yang kini sudah tidak tayang ini.

Cara pertama, saya meyuruh anak yang salah menjawab untuk keluar dari barisan dan pindah ke sisi sebelah kanan, bila anak yang salah menjawab tadi menjawab benar dalam pertanyaan selanjutnya, si anak dapat kembali ke tempatnya. Kelebihan cara ini adalah anak dapat mengikuti setiap pertanyaan yang diajukan oleh guru, kelemahannya adalah kita tidak bisa melihat siapa yang paling unggul dalam permainan ini.

Cara kedua adalah menyuruh anak untuk menulis score mereka di pojok kanan atas kertas. Jadi peraturan permainan ini adalah ketika mereka benar menjawab mereka mendapatkan score satu dan bila mereka salah menjawab mereka tidak mendapatkan score.

Dalam cara ini anak –anak dilatih untuk menjadi jujur karena merekalah yang bertanggung jawab ata score yang mereka tulis. Di games ini, untuk mendapatkan pemenang, guru dapat mengajukan beberapa pertanyaan sulit hanya satu dua anak dalam satu kelas saja yang dapat menjawab.

Banyak keuntungan games rangking satu yang bisa guru dam siswa dapatkan. Guru dapat memantau semua siswa dalam kegiatan pembelajaran. Selain itu, untuk memersiapkan games ini guru hanya melakukan kegiatan sederhana. Siswa juga akan lebih tertarik, termotivasi, dan senang sehingga topik yang disampaikan guru dapat diserap siswa dengan mudah. 

Jadi tidak ada salahnya bila kita mencoba untuk bermain games ini. Mungkin sebagai selingan terhadap pembelajaran yang kita lakukan di dalam kelas.

Alfanita Zuraida

Tidak ada komentar:

Posting Komentar