Rabu, 23 Mei 2012

Cerita KKT (Lagi)

Sebelum pikiran ini mengering dan kering kerontang karena kejadian-kejadian yag datang silih berganti, lebih baik kutulis saja cerita tentang kita ini. Cerita tentang bagaimana usaha kita lulus kuliah KKT Bahasa dan Sastra Indonesia. Cerita ini adalah cerita tentang kita dari saat membuat makalah sampai berlatih simulasi, berharap penampilan kita sempurna tanpa celah. Tapi kita hanya manusia yang tak mungkin tanpa celah, kembali lagi karena kita hanya manusia. Kutulis catatan ini saat subuh kan menjelang, berharap ini akan jadi kenangan kita yang menghabiskan waktu lima bulan bersama. Awalnya ini hanya cerita, namun suatu saat pasti akan menjadi kisah, mungkin sebuah kisah klasik untuk masa depan yang bahagia. 

Inilah kisanya. Terlalu rumit untuk mendefinisikan jenis makalah yang akan kita bahas, satu kepala dengan kepala yang lain akan memiliki hasil pemikiran berbeda. Itulah makalah kita, walaupun sudah ada struktur Tugas Akhir yang harus dibuat, tetapi entahlah kita tidak sama menanggapinya. Banyak tanya dan diskusi kita lakukan tetapi akhirnya dosen pembimbing kitalah yang punya kuasa menetukan jenis makalah kita akan bagaimana. Aku masih ingat bagaimana wajah-wajah kalian sebelum bertemu dosen pembimbing. Ada yang santai, terlalu serius, takut, bahkan ada pula yang acuh tak acuh. Tak perlu disebutkan nama, biarlah itu menjadi rahasia kita. Karena ini cerita kita, dan biarlah hanya kita saja yang tahu. Selain masalah makalah, masalah yang tak kalah rumitnya adalah bertemu dengan dosen pembimbing. Waktu menjadi hal yang sangat berharga. Minggu-minggu itu aku berharap waktu bukan lagi 24 jam, tapi lebih dari itu waktu itu ada 26 jam, 28 jam, atau kalu perlu sekalian saja 30 jam sehari. Mungkin dengan panjangnya waktu akan bisa bertemu dengan dosen pembimbingku. Jarangnya dibimbing harusnya tak menjadi masalah berarti bagi kita, kita bisa berbagi materi, berdiskusi, dan membaca materi. Harusnya ini tidak perlu menjadi alasan kita untuk mengerjakan makalah Tugas Akhir serampangan. Namun kembali lagi, masalah waktu dan rumitnya hal yang akan kita kaji menjadi hal yang tak dapat kita hindari. Setelah makalah jadi, inilah saatnya simulasi. 

Hari Jumat pagi teng pukul 10.00 Waktu Indonesia KKT, sepertinya masih terlalu pagi untuk menemukan peserta KKT di PBSI. Duarrrr, tak seorang pun menampakkan batang hidungnya. Hihihi. Dimana kau Sayang????... (huieeeeerr). Dieng kembali, tak ada. Kecewa, berjalan ke Perpus jurusan, membaca buku di sana. Ternyata ada puisi Remy Sylado, dua buah, sangat tebal sekali. Ku pilih satu, kubuka beberapa halaman, mengantuk, ku tutup lagi. Cukup sampai di sini bersua dengan bang Remy Sylado dalam puisnya. Kembali menghampiri seorang teman. Bertanya lagi, Di mana mereka? Belum ada. Pukul 11.00 masih Waktu Indonesia KKT. Beberapa orang tampak datang namun belum semuanya..ahhh..Ya ya ya..sudahlah. Akhirnya, kembali lagi, mencari novel, ketemu. Kawin Kontrak, disampulnya ada tulisannya penghargaan Remaja apa gitu tahun 2005, sepertinya menarik. Ternyata. don’t judge a book by its cover. Kecewa. 

Setelah beberapa lama tanpa kejelasan waktu diputuskan untuk memulai simulasi pukul 14.00 semoga ini sudah Waktu Indonesia Barat bukan Waktu Indonesia KKT lagi. Semoga. Simulasi hari pertama (Jumat, 3 Mei 2012)  

Happy 
Dimulai dengan pembukaan oleh Happy yang menyampaikan pembelajaran menulis pantun. Hanya ini pantun yang kuingat: “Eh ujan gerimis ajeh Ikan teri diasinin Eh jangan menangis ajeh Bulan syawal mau dikawinin” Hahahha. Sukses. Mbak Nisa Banget. 

 Jun 
Pembelajaran menulis puisi dengan Media lagu. Lagunya lagu cinta semua, ketara banget orangnya lagi jatuh cinta hahah. Peace Juned. Muridnya disuruh menyanyi bersama ( semoga tidak jadi, gurunya saja yang menyanyi) Lancar 

Mawan 
Tentang pembelajaran menyimak dengan menggunakan Visual Mapping Sebagai murid, kita disuruh membuat visual mapping. Bingung. Masih butuh pencerahan. Ogah bikinnnya lama. Kamu aja yang bikin Wan! 

Ita 
Penggunaan media foto pribadi siswa untuk menulis puisi Gampang ngambil fotonya orang-orangnya pada narsis semua, ku rampok fotonya di FB. Aku udah ijin lho teman-teman. Lancar deh 

Ina 
Pokoknya pembelajaran tentang berita ya Na! Ceritanya kita nanti pokoknya disuruh untuk menyebutkan bagian-bagian berita 5W plus 1H, kita juga akan disuruh untuk melihat berit dan mentukan 5W plus 1 Hnya.. Dan lain-lain karena kalau dijelaskan akan bisa panjang kali lebar kali tinggi..semoga cerita ini akan selalu mengingatkan kita bahwa kita pernah bersama atas nama ilmu dan mata kuliah. 

Mei 2012 
-Ie-th@-

Tidak ada komentar:

Posting Komentar