Sabtu, 17 Desember 2011

Penghargaan Diri VS Penghargaan pada Orang Lain

"Dengan menghargai orang lain kita telah menghargai diri kita"

Saya sering merasa bingung, mengapa ini begini dan mengapa ini begitu. Siapa yang salah? selalu tanya saya. Tapi setelah dipikirkan dan direnungkan kembali saya sampai pada satu kesimpulan bahwa ternyata tidak ada yang salah. Kita berbeda karena memang itu pembawaan kita. Saya tak bisa memaksa bahwa anda harus seperti saya, dan saya harus membalas anda. Tidak, sekali lagi tidak. Kita hanya perlu pendewasaan diri, kita hanya butuh sebuah perenungan bahwa penghargaan pada orang lain memang bukan yang utama tetapi itu adalah hal terpenting pada kodrat kita sebagai mahluk sosial. Marilah kita bersama-sama merenung, tolong anda pikirkan sebelum berucap, mungkin hal itu biasa bagi anda tapi mungkin menyakitkan untuk orang lain.

Penghargaan untuk orang lain sama dengan penghargaan kita pada diri sendiri. Bagaimana kita menghargai diri kita mungkin itu juga yang diharapkan orang lain. Jangan terlalu menganggap diri hebat karena mungkin kita bukan yang terhebat. Renungkan dan merenung sendiri. 





Salam
171211
Ie-th@

Tidak ada komentar:

Posting Komentar