Senin, 30 Desember 2013

Saya dan Masakan Indonesia


Depot Bu Timan. Picture taken from:for-mass.blogspot.com

Nasi krawu Uenak. Picture taken from:ypomone.blogspot.com

Otak2 Gresik. Picture taken from: meinekuechemrsp.blogspot.com

Pudak Gresik. Picture taken from: fikri-makanankhasgresik.blogspot.com

Pecel Lele, Pecel Kediri, Pecel Madiun, Soto, Rawon, Nasi Bebek, Tempe Penyet, hmmmm itu semua makanan kesukaanku. Yummy.

Pada saat saya masih kuliah bobot saya hanya 39 Kg, dan sekarang setelah meredeka, lepas dari tugas-tugas kuliah dan juga tugas jurnalistik bobot saya 48 Kg? Ada yang salah? Ngaruh nggak sih? Sepertinya saya sekarang memang sudah waktunya gemuk kali yah? Atau karena saya sudah tidak berfikir apa-apa, lebih menikmati hidup? Jadi bisa gemuk. Entahlah. 

Namun mungkin ada satu hal yang pasti, saya gemuk yah tentu saja karena makanan yang saya makan. Setiap hari saya selalu makan nasi atau lontong, harus tiga kali sehari. Dan semuanya adalah masakan Indonesia. Biasanya sehari-hari saya makan pecel Kediri, rawon, soto, krensengan, oseng-oseng udang, telur ceplok atau dadar, bakso, rujak, gado-gado (ini ceritanya menyebutkan makasakan Indonesia hehehe). Pokoknya yang berbau Indonesia. Saya cinta masakan Indonesia.

Saya rasa makanan yang paling bervariasi di dunia adalah masakan Indonesia karena setiap tempat di Indonesia pasti punya makanan khas. Jangankan di tiap provinsi, di tiap kabupaten sendiri, pasti juga punya masakan khas. Di Gresik, daerah saya, punya makanan khas yang enak-enak lho, ada bandeng bakar, nasi krawu, pudak, dan otak-otak. Makanan kesukaan saya tentu saja nasi krawu. Nasi krawu yang paling terkenal di Gresik adalah nasi krawu Bu Timan. 

Dulu, ketika almarhum Ayah masih ada, kalau sekeluarga jalan-jalan dan ditanya mau makan dimana, saya selalu bilang mau makan di Bu Timan, dan adik saya selalu mau makan di Mutiara Bambu. Kalau Bu Timan itu jagonya makanan khas Gresik yang berdaging, Mutiara Bambu lebih memilih menawarkan menu ayam, ikan, dan seafood. Dua tempat tersebut selalu menjadi favorit keluarga saya. 

Ada satu lagi yang menjadi tempat favorit yang bisa dikunjungi bila datang ke Gresik yaitu Warung Apung Rahmawati. Sebenarnya konsep dan makanan yang ditawarkan hampir sama dengan yang ada di Mutiara Bambu, tapi di sini tempatnya jauh lebih besar, dan kalau kita sedang ingin reuni atau berkumpul bareng teman yang jumlahnya banyak, bisa dijadikan salah satu tempat rujukan.

Jangan salah, walaupun yang terkenal di Gresik beberapa tempat itu, tapi sebenarnya tempat makan di Gresik yang menyajikan menu yang unik dan enak juga banyak. Warung-warung makannya pun kalau kita tahu di mana tempat yang enak dan murah juga banyak. Suatu hari teman saya, Tirta Sari Megahari, saya belikan nasi krawu di dekat rumah saya, Cerme. Bukan nasi krawu Bu Timan yang terkenal, warungnya pun baru beberapa minggu buka. Tirta bilang nasi krawunya enak walaupun bukan KW 1 (Apa coba maksudnya). Tirta pernah saya janjikan kalau ke Gresik lagi mau saya belikan nasi krawu yang paling enak yaitu nasi krawu Bu Timan. Mungkin dia pikir nasi krawu Bu Timan itu yang nasi krawu KW 1 haha.

Kembali ke kegendutan saya, saya pikir wajar juga yah saya gendut karena makan saya memang banyak. Kalau diajak kemana-mana, saya maunya harus makan. Kalau mau menyewa saya jadi supir syaratnya adalah bensin dan makan harus dibayari hahaha. Tapi, makanan yang kita pilih untuk makan harus diperhatikan juga kesehatannya. Jangan lupa juga harus sering makan buah dan minum air putih supaya sehat dan kuat. Intinya, selalu jaga kesehatan supaya tetap bisa makan dan jalan-jalan yah. Semoga saya tidak gendut, supaya sedikit mirip dengan artis, Asti Ananta. Hehehe.

Alfanita Zuraida

Tidak ada komentar:

Posting Komentar