Minggu, 22 Mei 2011

Briptu Norman VS Arifinto

Beberapa hari ini di media cetak dan elektronik kita disuguhi oleh dua fenomena dengan lakon dua orang berbeda. Lakon pertama dimainkan oleh seorang Polisi berpangkat Briptu, Norman namanya. Sedang lakon kedua dengan tempat dan waktu yang berbeda dilakukan oleh Arifinto, seorang anggota dewan. Aksinya, lakon pertama, bilang saja goyang India ala sang Briptu, sedang lakon kedua dimainkan oleh Arifinto yang iseng-iseng atau bilang saja tanpa sengaja membuka video ecek-ecek. Dua fenomena yang memiliki persamaan, perbedaan, serta reaksi berbeda dari masyarakat. Mari kita kupas persamaan, perbedaan itu dari sisi –sisi sederhana saja.

Persamaan pertama antara dua fenomena itu adalah keduanya sama-sama dilakukan oleh seorang pelayan masyarakat. sang Briptu yang melayani keamanan dan sang Wakil Rakyat yang melayani aspirasi masyarakat. Keduanya melakukan aksinya waktu menggunakan seragam. Sang Briptu dengan seragam kebanggaannya dan Sang wakil rakyat dengan jas kebesarannya

Sedangkan perbedaannya adalah Sang Briptu memainkan lakonnya diranah kreatifitas dengan menyalurkan hobinya. Namun sang Wakil Rakyat menyalurkan keingintahuannya dengan tindakan yang dianggap amoral untuk ukuran orang kebanyakan.

Reaksi yang didapatkan dua lakon berbeda itu pun sangat berbeda. Lakon pertama, yang kini saya lebih suka menjulukinya dengan Shahruk 'Norman' Khan mendapat appresiasi yang luar biasa dari masyarakat. Karena keisengan temannya yang telah mengupload videonya di youtube, kini dia harus menghadiri berbagai acara TV di Jakarta. Para artis yang dulu ia idolakan, kini berbalik mengidolakan dirinya. Dari bukan siapa-siapa, Sang Shahrukh Khan wanna be kini menjadi artis serba bisa. Para produser berlomba-lomba mengincarnya. What a lucky man. Namun berbanding terbalik dengan reaksi yang diberikan masyarakat pada sang wakil rakyat, karena bilang saja keisengannya kini dia harus berlapang dada untuk mundur dari jabatannya di Senayan. Hanya beberapa menit aksi yang mengubah hidup sang Wakil Rakyat. Sayang sekali.

Dan sekarang bila saya disuruh memilih antara Bang Shahrukh 'Norman' Khan atau Pak Arifinto, jelas saya lebih memilih Bang Sharukh 'Norman' Khan. Alasannya, karena bersama Bang Norman saya bisa menyanyi dan menari ala India. Siapa tahu saya besok jadi penyanyi dan penari India dan menyanyikan lagu chaiyaa-chaiyaa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar