Senin, 23 Mei 2011

KOLABORASI SENI: Wujud Apresiasi Kreativitas Anak Bangsa

Sebagai perguruan tinggi berbasis pendidikan, sains, teknologi, dan seni, Unesa ingin menunjukkan karya-karya terbaiknya, terutama bidang seni. Kolaborasi Seni 2009 ini merupakan kolaborasi seni dari berbagai jurusan di Unesa. Acara ini dihadirkan sebagai bentuk apresiasi karya seni produk civitas akademika Unesa dan para peserta lomba. Selain itu, acara ini juga menjadi pembelajaran seni bagi para pengunjung SPI.

Tiga tari karya mahasiswa jurusan Seni Drama, Tari, dan Musik (Sendratasik) Unesa yakni Tari Payung, Merak, dan Kembang Pulus secara resmi membuka hari pertama rangkaian acara Kolaborasi Seni. Sesaat setelah itu, 132 siswa SMP-SMA se-Surabaya mulai menggerakkan tangannya di atas kertas gambar. Sore itu (23/10) guratan asa di tengah kompetisi tanpa lelah siswa peserta lomba tampak nyata. Seusai lomba, pukul 19.00 WIB, suara tabuhan gong tiga kali menggema di atrium mall terluas di Surabaya itu. Acara ini dibuka Rektor Unesa, Prof. Dr. H. Haris Supratno. Dalam pidato pembukaan acara berhadiah total 9 juta rupiah ini, Rektor mengatakan bahwa kolaborasi seni merupakan sebuah wadah bagi mahasiswa untuk meningkatkan potensi di bidang seni. Pak Haris (panggilan akrab Rektor Unesa, red.) juga menambahkan bahwa seni dapat dikembangkan dan menghasilkan uang.

Kolaborasi Seni pada (23-25/10) ini menggelar lomba lukis, lomba tari, demo produk unggulan Unesa seperti produk busana, boga, rias, seni rupa, teknologi pendidikan, poster, dan foto majapahit. Selain itu juga disajikan pagelaran seni drama, tari, dan musik mahasiswa Unesa. Lomba lukis bagi siswa SMP/SMA itu dimenangkan Nancy Elisabeth (SMPK Petra 5 Surabaya) sebagai juara I, Linda Dwi P. (SMPN 18 Surabaya) sebagai juara II, dan Gita F. E. (SMPN 1 Tuban) sebagai juara III. Lomba tari dimenangkan oleh Sanggar Tari Gita Maron Surabaya sebagai juara I, SMKN 9 Surabaya sebagai juara II, dan Sanggar Tari Sangra Lakshta Mojokerto sebagai juara III.

(Alfanita Zuraida)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar